Mahasiswa Prodi Agroteknologi Faperta Undana Lakukan Kegiatan Pembuatan Pupuk Bokasi Di Kelurahan Bakunase 2

Sarainews-Kota Kupang, Mahasiswa KKN Tematik Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana lakukan program pembuatan pupuk bokasi di Kelurahan Bakunase 2, Kecamatan Kota Raja Kota Kupang. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Ibrahim Hermanto Passoe, S.Sos selaku Lurah Bakunase 2, dan juga Agustina Etin Nahas selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN Tematik pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021.

Dalam kesempatan tersebut Lurah Bakunase 2 mengucapkan terimakasih kepada segenap civitas akademik Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana, Khususnya Prodi Agroteknologi yang telah membantu masyarakat lewat program KKN Tematik yang dilakukan .”Saya Lurah Bakunase 2 mengucapkan terimakasih banyak kepada ibu dosen dan adik-adik mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana yang telah turut membantu masyarakat khususnya para petani lewat program pembuatan pupuk bokasi, karena daerah Kelurahan Bakunase 2 ini sebagianbesarnya adalah daerah persawahan dan juga terdiri dari 8 Kelompok Tani yang tercatat resmi. “Ia juga berharap dengan adanya kegiatan KKN Tematik ini kedepannya masyarakat bisa melihat dan membuat secara langsung, sehingga mereka terinspirasi dan membuat pupuk sendiri” Ungkap Lurah Bakunase 2.

Sementara itu Dosen Pembimbing Lapangan Agustina Etin Nahas juga menambahkan bahwa Kegiatan KKN Tematik ini akan berlangsung selama 1 bulan, terhitung dari tanggal 19 Agustus sampai dengan 19 September 2021 mendatang. Adapun jumlah mahasiswa yang melaksanakan KKN Tematik di Kelurahan Bakunase 2 sebanyak 12 orang dan sesuai dengan tujuan dari KKN Tematik ini adalah mempercepat masa studi atau proses belajar mahasiswa dimasa pandemik. Jadi rencana kerja kami salah satunya adalah “Pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga untuk membantu meningkatkan ekonomi dalam keluarga”

Jadi dengan belajar pembuatan pupuk bokasi ibu-ibu rumah tangga tidak lagi menganggur selain mengurus anak dan rumahtangganya. Jadi ketika mereka ada waktu kosong mereka bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan sisa limbah rumah tangga, misalnya sisa potongan sayur. Ungkap DPL Agustina Etin Nahas

Ia juga berharap ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Bakunase 2 bisa mandiri selain mengurus rumah tangga mereka juga memperoleh manfaat melalui pembuatan pupuk bokasi untuk menambah penghasilan. Kegiatan selanjutnya adalah budidaya cabai merah, bawang merah, picai dan pemasangan perangkap lalat buah pada tanaman mangga dan nangka menggunakan perangkap kuning dan petrogenol.*(Tim)

artikel asli : http://www.sarainews.online/2021/08/mahasiswa-prodi-agroteknologi-faperta-undana-lakukan-kegiatan-pembuatan-pupuk-bokasi-di-kelurahan-bakunase-2.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *