Laboratorium

Laboratorium program studi Agroteknologi

Program studi Agroteknologi memiliki delapan Laboratorium untuk menunjang kegiatan pembelajaran.  Pelayanan di laboratorium meliputi penyelenggaraan praktikum yang berkualitas dengan penyediaan sarana dan prasarana laboratorium.  Pelayanan lainnya yaitu pada penelitian mahasiswa dan dosen baik dilingkungan prodi Agroteknologi maupun pelayanan jasa analisis diluar prodi.  Delapan laboratorium tersebut yaitu 1) Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian.  Laboratorium ini ditujukan untuk kegiatan praktikum/penelitian yang terkait dengan bidang Pengolahan Pangan, analisis sensoris, dan Penyimpanan dan Pengemasan pangan, 2) Laboratorium Mikrobiologi. Laboratorium ini umum digunakan untuk praktikum yang terkait dengan mikroorganisme baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.  Penelitian mahasiswa maupun dosen yang terkait dengan pemanfaatan mikroorganisme dalam bidang pertanian dan juga mikroorganisme patogen juga banyak yang diselenggarakan di laboratorium ini, 3) Laboratorium Penyakit Tumbuhan. Laboratorium ini memberikan pelayanan praktikum dan penelitian mahasiswa maupun dosen yang terkait penyakit-penyakit pada tumbuhan yang disebabkan bakteri dan virus dan pengendalian yang dapat dilakukan, 4) Laboratorium Fisika Tanah. Laboratorium ini digunakan untuk menunjang kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa/dosen pada analisis sifat fisik tanah, 5) Laboratorium Kimia tanah. Laboratorium ini juga memberikan pelayanan pada kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa/ dosen pada analisis kimia tanah, analisis unsur hara pupuk dan analisis hara tanaman, 6) Laboratorium Produksi tanaman dan Teknologi Benih. Laboratorium yang menfasilitasi kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa dan dosen yang terkait ilmu benih dan pemuliaan tanaman, 7) Laboratorium Kebun Percobaan dan Rumah Kaca. Laboratorium ini memberikan pelayanan pada kegiatan praktikum dan penelitian yang terkait tanaman dan tanah, serta faktor lingkungan lain yang berpengaruh pada kesuburan tanaman, juga menerima jasa pembuatan struktur hidroponik dan pupuk bokashi, 8) Laboratorium Hama Tumbuhan.  Laboratorium ini menyelenggarakan praktikum dan memberikan pelayanan penelitian yang terkait hama pada tumbuhan dan upaya pengendaliannya.

Lab. Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian biasanya digunakan untuk praktikum mahasiswa, penelitian tugas akhir mahasiswa, maupun penelitian dosen.

Jenis Praktikum yang dilakukan pada Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian yaitu:

  1. Praktikum Biokimia tanaman
  2. Praktikum Teknologi Pascapanen dan Pengolahan Hasil Pertanian
  3. Praktikum Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian
  4. Praktikum Fisiologi pascapanen
  5. Praktikum Pengemasan dan penyimpanan Hasil
  6. Praktikum Analasis Bahan Pangan
  7. Praktikum Analisis Sensori
  8. Praktikum Ketahanan Pangan
  9. Praktikum Manajemen Agribisnis

2. Laboratorium Mikrobiologi Pertanian

Jenis Praktikum yang dilakukan pada Mikrobiologi Pertanian yaitu:

  1. Praktikum Mikrobiologi Pertanian
  2. Praktikum Hama dan Penyakit Pasca panen
  3. Praktikum Kualitas Tanah
  4. Praktikum Biologi Tanah
  5. Praktikum Dasar-dasar Ilmu Tanah
  6. Praktikum Teknologi Budidaya Tanaman
  7. Praktikum Botani Umum
  8. Praktikum Ilmu Penyakit Tumbuhan
  9. Praktikum Mikrobiologi Pangan

Beberapa Peralatan yang ada di Laboratorium Mikrobiologi Pertanian

Mikroskop

Mikroskop untuk kegiatan identifikasi

Laminar Air Flow

Laminar Air Flow untuk kegiatan inokulasi mikroorganisme.

Timbangan atau Neraca Analitik

Timbangan atau Neraca Analitik untuk menimbang massa sejumlah bahan kimia hingga ukuran miligram dengan tingkat ketelitian sangat tinggi.

Coloni counter

Hot plate

Thermologic atau Water bath

Microwave

Stirer