Dosen dan Mahasiswa Prodi Agroteknologi Faperta Undana Lakukan PKM di Kelurahan Naikoten Satu Kecamatan Kota Raja Kota Kupang

Tim Dosen dan Mahasiswa PS Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana Terlibat dalam PKM di Di RT 24/RW 09 Kelurahan Naikoten Satu, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang. Jumat, 22 Oktober 2021

Sarainews-Kota Kupang,- Tim Dosen dan Mahasiswa Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana melakukan PKM di Di RT 24/RW 09 Kelurahan Naikoten Satu, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.  Jumat, 22 Oktober 21  lalu.

PKM ini dilakukan dengan target pada  masyarakat yang di PHK akibat covid 19 di RT 24/RW 09 Kelurahan Naikoten Satu, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang. Dalam kegiatan kegiatan tersebut tampak hadir Saul Martinus Manit( Ketua Tim dati Masyarakat) dan Tim Dosen Agustina Etin Nahas, SP, M.Si; Petronella S. Nenotek, SP, M.Si; Prof. Ir. Agnes V. Simamora, MCP, Ph.D; Ir. Titik S. Harini, MP dan Dr. Jesayas A. Londingkene, SP, MP. Serta melibatkan beberapa Mahasiswa PS Agroteknologi.

Kegiatan PKM ini mengambil tema “Budidaya tanaman hortikultura bagi Masyarakat yang di PHK akibat pandemi covid-19″ Kegiatan tersebut dibuka oleh Agustina Etin Nahas,  SP, M.Si, selaku ketua pelaksana PKM menjelaskan tujuan pelaksanaan PKM Tersebut. Menurutnya kegiatan PKM ini  bertujuan untuk mendorong dan memberikan sumbangsih bagi penyelesaian persoalan masyarakat di PHK akibat covid-19 di RT 24 RW 09 Kelurahan Naikoten Satu, Salah satunya untuk meningkatkan hasil budidaya tanaman hortikultura seperti cabai merah.

Ia juga menambahkan perlu adanya sebuah inovasi untuk memberikan solusi alternatif  bagi permasalahan mitra yang selama ini dihadapi seperti “memanfaatkan pekarangan sekitar rumah secara maksimal untuk budidaya tanaman hortikultura seperti cabai merah, sebagai satu jenis sayuran penting yang bernilai ekonomi tinggi dan cocok dikembangkan di Kelurahan tersebut; ketersediaan pupuk yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sering terjadi kelangkaan pupuk karena pupuk subsidi hilang di pasaran, sehingga petani sulit untuk mempertahankan produksinya; pada musim kering sekitar bulan Agustus debit air mulai berkurang; empat orang warga telah di PHK dari pekerjaannya sebagai akibat dampak pandemi covid 19,” kata Agustina.

Tim Dosen dan Mahasiswa PS A2groteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana sedang Menyampaikan Materi PKM tentang Teknik Pembuatan dan Cara Memasang Perangkap Petrogenol pada Tanaman Cabai Merah yang Terserang oleh Lalat Buah

Kegiatan  PKM ini  dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan serta praktek secara langsung di lapangan. Materi yang disampaikan meliputi: 1) Teknik budidaya cabai merah oleh Orias Sunbanu mahasiswa PS Agroteknologi yang sekarang sedang menyusun tugas akhir kuliah; 2) Pengenalan jenis-jenis hama cabai merah oleh Ir. Titik S.Harini, MP ; 3) Pengenalan jenis-jenis penyakit cabai merah oleh Ir. Agnes V. Simamora, MCP, Ph.D; 4) Pengendalian OPT cabai merah oleh Petronella S. Nenotek, SP, M.Si;  4) Teknik pembuatan dan cara memasang perangkap berwarna (Yellow Trap) pada tanaman cabai merah yang terserang oleh lalat buah oleh  Dr. Jesayas A. Londingkene, SP, MP; dan  5) Teknik pembuatan dan cara memasang perangkap petrogenol pada tanaman cabai merah yang terserang oleh lalat buah oleh Agustina Etin Nahas, SP, M.Si.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bhabinkamtibmas setempat Samri Nenotek.y selain menciptakan situasi yang aman dan kondusif juga membimbing masyarakat menggerakan potensi-potensi yang ada. “Contohnya saya punya bakat di bidang pertanian, saya bermimpi bagaimana lahan yang sebelumnya banyak batu karang dan tumbuhan putri malu bisa saya menyulap menjadi lahan dengan tanaman yang produktif seperti budidaya cabai merah, sesuai program pemerintah supaya ketahanan pangan di Republik Indonesia, khususnya Kota Kupang tersedia” Ungkap Samri Nenotek.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Saul Martinus Manit sebagai ketua mitra,Nusryanto Klakik,Albinus Baok,  sebagai anggota mitra, dan Harun Baok yang juga salah seorang mahasiswa Politeknik Negeri Kupang yang senang bertani. Harun juga menyampaikan terima kasih kepada Tim Dosen dan Mahasiswa Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana yang sudah menggelar kegiatan PKM di RT 24/RW 09 Kelurahan Naikoten Satu, Kecamatan Kota Raja. Ia berharap Semoga kedepannya lahan disekitar pekarangan mereka bisa bermanfaat ” Dengan adanya ini kegiatan tentunya kami berharap bisa memanfaatkan lahan di sekitar pekarangan  untuk menjadi lahan yang lebih produktif lagi” Ungkap Harun  salah satu anggota Kelompok Tani mitra yg juga Mahasiswa Politeknik Negeri Kupang.*(Tim)

artikel asli :http://www.sarainews.online/2021/10/dosen-dan-mahasiswa-prodi-agroteknologi-faperta-undana-lakukan-PKM-di-kelurahan-naikoten-satu-kecamatan-kota-raja-kota-kupang.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *